DIAGNOSIS BANDING RHINITIS ALERGI PDF

Diagnosis Banding Rinitis alergi perlu dibedakan dengan rinitis vasomotor, rinitis akut infeksiosa, rinitis sekunder dari obat-obatan baik. alergi rhinitisguideline rhinitis alergi. diagnosis banding rhinitis alergi pdf. allergic rhinitis pdf. jurnal rhinitis alergi pdf. Allergic rhinitis is defined. Diagnosis rinitis alergika berdasarkan pada keluhan penyakit, tanda fisik dan uji .. Relieves nasal symptoms associated with allergic rhinitis.

Author: Nezahn Shakakinos
Country: Saint Lucia
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 1 March 2006
Pages: 20
PDF File Size: 7.83 Mb
ePub File Size: 10.85 Mb
ISBN: 648-3-51487-990-7
Downloads: 22706
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: JoJokinos

Efek samping obat ini relatif ringan. Beberapa diagnosiw mekanisme terjadinya eosinofilia antara lain teori meningkatnya kemotaksis, ekspresi molekul adhesi atau bertambah lamanya hidup eosinofil dalam jaringan.

Fungsi utama hidung adalah untuk saluran udara, penciuman, humidifikasi udara yang dihirup, melindungi saluran napas bawah dengan cara filtrasi partikel, transport oleh silia mukosa, mikrobisidal, antivirus, imunologik, dan resonan suara. Pemberian vasokonstriktor topikal tidak dianjurkan untuk rinitis alergik pada anak di bawah usia l tahun karena batas antara dosis terapi dengan dosis toksis yang sempit.

Oleh karena itu dinamakan pollinosis Rinitis alergi musiman ini merupakan suatu rino konjungtivitis oleh karena gejala klinis yang tampak yaitu mata merah, gatal, disertai lakrimasi, sedangkan gejala pada hidung berupa hidung gatal disertai dengan bersin paroksismal, adanya sumbatan hidung, rinore yang cair dan banyak, serta kadang-kadang disertai rasa gatal pada palatum.

Feksofenadindosis pemberian sesuai usia anak adalah: Tidak ada riwayat atopi, keluarga tidak ada riwayat atopi. Penatalaksanaan pada pasien ini yaitu y KIE 1.

Sedatif antihistamin memperburuk kualitas hidup, sedangkan non sedatif antihistamin berpengaruh positif terhadap kualitas hidup. Farmakoterapi hendaknya mempertimbangkan keamanan obat, efektifitas, dan kemudahan pemberian.

Alergen injektan, yang masuk melalui suntikan, atau tusukan, misalnya, penicillin, sengatan lebah dan lain-lain.

Allergic Rhinitis

Leave a Reply Cancel reply Enter your comment here Gejala lain dapat berupa suara sengau, gangguan penciuman dan pengecapan, dan gejala sinusitis. Secara klasik rinitis alergika dianggap sebagai inflamasi nasal yang terjadi dengan perantaraan IgE. Use of oxymetazoline hydrochloride for more than d is habit alergu. Pembengkakan yang sedang sampai nyata dari konka nasalis yang berwarna kepucatan hingga keunguan.

  DESCARGAR REVISTA H EXTREMO DORISMAR 2009 PDF

Anamnesis dimulai dengan riwayat penyakit secara umum dan dilanjutkan dengan pertanyaan yang lebih spesifik meliputi gejala di hidung. Generally less effective than nasal corticosteroids. Pada pemeriksaan rinoskopi anterior tampak mukosa hidung pucat kebiruan livide atau hiperemis serta ditemukan eosinofil pada pemeriksaan sekret hidung.

Pasien sudah berobat kedokter bolak-balik alegi kali. Pseudoephedrine, dosis pemberian sesuai usia anak adalah: Loratadindosis pemberian sesuai usia anak adalah: Used on a daily basis for seasonal or perennial AR. Mechanism is similar to PO antihistamines. Rinitis alergik pada masa anak akan bertambah berat dengan bertambahnya usia. Imunoterapi pada anak diberikan secara selektif dengan tujuan pencegahan.

The 2 medications in this group dagnosis oxymetazoline hydrochloride Afrin rhhinitis ipratropium bromide Atrovent. Alergen penyebab yang sering adalah inhalan seperti tungau debu rumah, jamur, debu rumah, dan serpihan binatang piaraan, walaupun alergen makanan juga dapat sebagai penyebab terutama pada bayi. Hal ini merupakan mekanisme fisiologik, yaitu proses membersihkan sendiri self cleaning process. Hindari kontak dengan alergj yang diduga sebagai penyebab, terutama yang sering kontak adalah debu rumah dengan cara membersihkan rumah secara teratur dengan masker.

Budesonide mempunyai bioavaibilitas yang rendah dan keamanannya lebih baik. Indicated for seasonal and perennial AR. Dapat mengenai semua golongan umur dan biasanya mulai timbul pada anak-anak dan dewasa muda. This class of medications is most effective. Antihistamin-H1 lokal misalnya laergi dan levokobastin juga bekerja dengan memblok reseptor H1.

May cause adrenal suppression if overused; monitor for growth suppression in diagnosiz most common adverse effect is local irritation; exercise great caution when using nasal and inhaled corticosteroids because doses are additive and adverse effects are much more likely to occur as a result; cushingoid symptoms eg, round [moon] face, weight gain may occur with high doses. Pelepasan mediator oleh sel-sel yang diaktifkan, di antaranya histamin dan cystenil-leukotrien yang merupakan mediator utama dalam rinitis alergika menyebabkan gejala rinorea, gatal, dan buntu.

Penyusupan wlergi menyebabkan kerusakan mukosa sehingga memungkinkan terjadinya iritasi langsung polutan dan bandibg pada syaraf parasimpatik, bersama mediator Eosinophil Derivative Neurotoxin EDN dan histamin menyebabkan gejala bersin.

  ASTRON RS-12A PDF

Intervensi tunggal mungkin tidak cukup dalam penatalaksanaan rinitis alergika, penghindaran alergen hendaknya merupakan bagian terpadu dari strategi penatalaksanaan, terutama bila alergen penyebab dapat diidentifikasi. Allergic rhinitis – presentation Healthcare. Allergic Rhinitis Download Report. Also available combined with pseudoephedrine. Obat ini diagnosks primer dapat mengurangi sumbatan hidung dan efek minimal dalam mengatasi rinore tetapi tidak mempunyai efek terhadap bersin dan gatal di hidung maupun di mata.

Tanda pada rinitis alergi biasanya dapat ditemukan pada pemeriksaan kepala-leher. An excellent medication for decreasing rhinitis.

Allergic Rhinitis

Because these receptors are found throughout the airway, the medication can mediate the effect in the upper and lower airway. Imunoterapi sangat efektif bila penyebabnya adalah alergen hirupan.

Respons hidung terhadap stimuli dari luar diperankan pertama-tama oleh mukosa kemudian baru oleh bentuk anatomi tulang.

Rinitis alergik biasanya mulai timbul pada masa anak, sedangkan rinitis non alergik pada usia dewasa. Keluhan akan muncul jika berada di udara20yang banyak debu. Selain itu, macam alergen dapat merangsang lebih dari satu macam organ. Penyebab yang paling sering yaitu alergen inhalan, terutama pada orang dewasa dan alergen ingestan yang merupakan penyebab pada anak-anak, biasanya diikuti dengan gejala alergi lainnya diagnosiz urtikaria, gangguan pencernaan.

Gambaran sitologi sekret hidung yang memperlihatkan banyak sel basofil, eosinofil, juga terdapat pada rinitis eosinofilia nonalergik dan mastositosis hidung primer. Allergic or nonallergic rhinitis? Bersin dianggap patologik bila terjadinya lebih dari lima kali setiap serangan. Rinitis alergi merupakan penyakit inflamasi yang disebabkan oleh interaksi antara faktor genetik dan lingkungan. Pada pemeriksaan rinoskopi anterior tampak mukosa edema, basah, bewarna pucat atau livid disertai adanya sekret yang encer.